LOGIN ADMIN DINAS / OPERATOR
FOTO KEPALA DINAS

H. Jamaluddin Saleh S.Pd
NIP. 196807261997021004

IDF 2018 Puji Kebijakan Suplai Buku Bulungan
Ditulis oleh : Admin HS - Bidang :

15 Mei 2019 - 13:16:48 WIB

Bulungan. Indonesia Development Forum (IDF) merupakan forum pembangunan bergengsi yang digagas Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas. Forum ini menghadirkan program pembangunan inovatif dari seluruh Indonesia.

Pada tahun 2018, IDF Regional Kalimantan-Sulawesi dilangsungkan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Pada kesempatan itu, IDF mengundang Bupati Bulungan, Sudjati, mempresentasikan kebijakan suplai buku non teks pembelajaran bagi siswa SD dan SMP.

Di depan ratusan peserta, Bupati Sudjati, mengatakan salah satu masalah nasional adalah minimnya buku non pembelajaran untuk siswa SD dan SMP. Seluruh daerah di Indonesia, sedang mencari jalan keluar untuk memecahkan masalah ini.

Kabupaten Bulungan berhasil menjawab tantangan tersebut. Dengan instrumen Biaya Operasional Sekolah Daerah (BOSDA), semua SD dan SMP di Bulungan, bisa membeli buku non teks pembelajaran. Penyediaan buku ini bertujuan membangun imajinasi dan karakter anak. Kebijakan ini didesain untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Sudjati mengatakan penggunaan BOSDA untuk suplai buku merupakan terobosan. Dengan menggunakan BOSDA, Bulungan bisa menentukan sendiri kriteria buku yang sesuai dengan konteks budaya dan geografi. Pengadaan dan distribusi buku, juga bisa dilakukan cepat serta menjangkau sekolah di pedalaman. Hal itu dimungkinkan, karena pengadaan buku dilakukan secara mandiri oleh sekolah. Sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menjangaku semua sekolah.

Deputi Bidang Pengembangan Regional Bappenas, Rudy S. Prawiradinata mengapresiasi kebijakan Bupati Bulungan. Ia mengatakan bahwa program IDF bertujuan menjaring ide dan praktik pembangunan yang sesuai dengan karakteristik wilayah Indonesia tengah dan kearifan lokal, seperti yang dilakukan Bulungan.Program IDF 2018, katanya lagi, akan mengupas berbagai isu-isu utama dan tantangan dalam upaya menanggulangi kesenjanganpembangunan ekonomi dan manusia di berbagai wilayah Indonesia. Bappenas percaya bahwa banyak sekali gagasan yang inovatif dan juga membangun untuk mengatasi masalah disparitas di Indonesia.

JAJAK PENDAPAT
Bagaimana menurut operator Simda-BMD tentang Simda Onlinenya
Sangat Bagus
Bagus
Sangat memudahkan pengentrian

HASIL POLLING
PENGUMUMAN TERBARU
AGENDA DINAS TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 127481 kali