LOGIN ADMIN DINAS / OPERATOR
FOTO KEPALA DINAS

H. Jamaluddin Saleh S.Pd
NIP. 196807261997021004

TIGA RUMUS BULUNGAN HADAPI MASALAH LITERASI
Ditulis oleh : Admin HS - Bidang :

15 Mei 2019 - 13:24:44 WIB

 Oleh H. Sudjati, SH, Bupati Bulungan  (Disarikan dari presentasi saat Temu INOVASI November 2018)

Kabupaten Bulungan menghadirkan tiga solusi untuk menghadapi rendahnya keterampilan membaca siswa SD Indonesia. Ketiganya solusi itu terintegrasi melalui suplai buku, peningkatan kapasitas guru dan layanan khusus bagi siswa yang lamban membaca. Terampil membaca adalah kunci bagi anak untuk bisa belajar mata pelajaran apa saja. Kalau anak tidak bisa membaca, maka Ia akan kesulitan belajar dan berkembangkan.

Usaha untuk menumbuhkan minat membaca harus diikuti dengan pasokan buku. Buku yang sesuai minat anak, merupakan kunci agar anak senang membaca. Anak-anak lebih tertarik dengan buku-buku gambar, buku cerita, komik, buku sains dll. Jika anak senang membaca, maka mereka akan lebih banyak membaca. Itu akan mempercepat peningkatan keterampilan membaca anak.

Mulai awal 2018, Bulungan sudah memulai program suplai buku non pembelajaran. Pembiayaan suplai buku ini ditanggung APBD Bulungan melalui Biaya Operasional Sekolah Daerah (BOSDA). Kebijakan disahkan melalui Peraturan Bupati (Perbup) Bulungan No: 14 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Penggunaan dan Pertanggungjawaban Dana BOSDA.

Melalui kebijakan ini, setiap sekolah dapat membeli sedikitnya lima judul buku yang bisa membangun imajinasi dan karakter anak. Layanan ini memberikan manfaat langsung kepada 24 ribu siswa SD dan SMP. Kebijakan suplai buku Bulungan ini merupakan kebijakan pertama di Indonesia.

Membaca akan membuat anak memiliki mental alertness, daya tangkap, kreativitas, logika berpikir yang baik dan membentuk karakter positif. Buku-buku non pembelajaran dibutuhkan untuk membangun imajinasi dan karakter anak. Imajinasilah yang menuntun anak membuat penemuan-penemuan hebat di masa depan. Dan karakter akan membuat mereka bisa dan berhasil bekerjasama dengan banyak orang.

Sedangkan untuk peningkatan mutu guru, Bulungan mengembangkan program Kelompok Kerja Guru (KKG). Kepala sekolah, pengawas dan guru dilatih secara berkelanjutan agar kapasitasnya meningkat. Ada dua model KKG yang dikembangkan. Pertama, KKG mandiri, dan Kedua, KKG yang dibiayai APDB 2019.

KKG mandiri didesain dengan memperhatikan empat aspek yaitu modul, metode, fasilitator dan pembiayaan. Bulungan menggunakan modul dan metodologi pelatihan yang sudah teruji, fasilitator terlatih dan pembiayaan yang berkelanjutan. Ini adalah empat kekuatan dari model KKG mandiri. Pendekatan yang tidak jauh berbeda juga dilakukan untuk KKG yang dibiayai APBD.

Mengingat kondisi geografis Bulungan yang terdiri dari perkotaan, pedesaan dan pedalaman, maka program KKG dirancang secara bertingkat. Kepala sekolah, pengawas dan guru terbaik direkrut dari masing-masing gugus untuk dilatih menjadi fasilitator. Setelah mengikuti Training of Trainers, para fasilitator akan melakukan pelatihan serupa digugus masing-masing. Mereka juga dikirim ke sekolah-sekolah guna mendampingi guru mengimplementasikan hasil pelatihan. Pendekatan ini membuat pelatihan guru menjadi efesien dan efektif.

Selain suplai buku dan peningkatan kapasitas guru, Bulungan juga memberikan layanan khusus kepada anak yang lamban membaca. Mereka diberikan bantuan khusus dengan menggunakan ragam metode. Layanan ini diintegrasikan melalui proses pembelajaran dan tambahan waktu belajar. Semua keterampilan yang dibutuhkan guru guna memberikan layanan khusus dilatih melalui KKG. Guru-guru harus menyadari bahwa anak-anak di kelasnya tidak semuanya pandai. Oleh sebab itu guru-guru di kelas awal harus membantu anak-anak yang lamban supaya mampu membaca dengan baik sebelum selesai kelas 3. Sebab kemampuan membaca sangat penting. Jika anak gagal mempunyai kompetensi membaca pemahaman, maka siswa tersebut akan mengalami kesulitan dalam mempelajari mata pelajaran lain di kelas selanjutnya.

JAJAK PENDAPAT
Bagaimana menurut operator Simda-BMD tentang Simda Onlinenya
Sangat Bagus
Bagus
Sangat memudahkan pengentrian

HASIL POLLING
PENGUMUMAN TERBARU
AGENDA DINAS TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 133637 kali